HARDWARE, SOFTWARE DAN BRAINWARE
Didalam sebuah
komputer kita akan menemukan istilah "Hardware, Software dan
Brainware", terlebih didalam dunia pendidikan yang mungki sering
kita mendengar akan tetapi mungkin sobat pembaca ada yang masih kurang paham
akan apa arti dari ke-3 istilah tersebut, baik silahkan disimak baik-baik. Pada
kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi informasi tentang apa yang saya
ketahui dari ketiga istilah diatas.
Langsung saja
masuk kepambahasan utama tentang Pengertian Hardware, Software dan Brainware Komputer agar
pembahasan kita tidak melebar kema-mana.
1. Hardware
Hardware yang
dalam Bahasa Indonesianya "Perangkat Keras" adalah salah satu
komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba
secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi. contohnya Harddisk, VGA, RAM, Processor dll.
Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:
a.
Perangkat
masukan (Input device) Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data,
baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input
misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
b.
Perangkat
keluaran (Output device) perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung
dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
c.
Perangkat
pengolah data (Processor) Perangkat pengolah data dipergunakan untuk
mengolah data. Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central
Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
Berikut contoh dari Hardware yang mungkin kita sering
melihatnya akan tetapi kita tidak tahu namanya.
2. Software
Apa itu
Software? "Software itu ya Program" atau "Software itu Windows,
Microsoft Office, dll.". Semua jawaban itu salah. Software adalah nama
lain dari Perangkat Lunak yang artinya sebuah kode program yang disusun
sedemikian rupa secara sistematis untuk mencapai suatu tujuan atau penjelasan
secara singkat software adalah yang sifatnya ditidak dapat diiraba hanya dapat
berinteraki antar user dan program komputer. Pada setiap sistem komputer harus
terdapat software karena tanpa software interaksi antara brainware (penjelasan
ada di bawah) dengan hardware tidak memungkinkan adanya pembagian sumberdaya
komputer secara tepat.
Berikut contoh dari Software yang mungkin kita sering
melihatnya akan tetapi kita tidak tahu namanya.
3. Brainware
Brainware
adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau
sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat
intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware
komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware
dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal.
Hubungan Hardware, Software dan Brainware adalah sebagai berikut:
Hardware,
Software, dan Brainware di atas tentu memiliki hubungan antara satu dengan yang
lainnya. Seperti pada gambar, bahwa ketiga elemen tersebut memiliki keterkaitan
untuk menciptakan sebuah komputer yang berguna. Apabila ada 1 buah
perangkat komputer mempunyai hardware lengkap akan tetapi jika tidak ada
softwarenya, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Karena
Software tercipta untuk mengisi fungsionalitas pada komputer tersebut sehingga
terciptalah sebuah komputer yang memiliki fungsi untuk digunakan.
Apabila
Hardware dan Software komputer telah tercipta, apabila tidak terdapat Brainware
untuk mengoperasikannya, maka komputer tersebut hanyalah sebagai mesin yang
tidak memiliki fungsi. Bisa dikatakan hanyalah sebuah Robot yang diam. Jadi,
Brainware atau pengguna merupakan salah satu elemen penting untuk
mengoperasikan komputer agar tercipta komputer yang memiliki fungsionalitas dan
dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna.
Komponen - Komponen Perangkat Keras Pada Komputer
Perangkat Keras
Komputer di sebut juga Arsitektur Komputer dan juga dapat didefinisikan dan
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Namun disini kita
hanya akan membahas arsitektur pada umumnya, Secara garis besar arsitektur
computer dapat di bagi menjadi 4 yaitu :
1. Central
processing unit (CPU),
yang mengendalikan semua unit sistem computer yang lain/mengubah input menjadi
output. Dirincikan sbb : Primary storageControl unit (unit pengendali),
membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu system, Arithmatika and logical
Unit, tempat berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika.
Secondary storage (penyimpanan sekunder ), menyedikan tempat untuk menyimpan
program dan data saat tidak digunakan.
2. Unit Input,
memasukkan data ke dalam primary storage.
3. Unit Output,
mencatat dan atau mencetak hasil pengolahan. (penyimpanan primer), berisi data
yang diolah & program,...
4. Primary
storage : tempat penyimpanan
Central Processing Unit, Disinilah
jantung atau nyawa dari sebuah komputer. Disinilah tempat dimana semua proses
yang dilakukan oleh sebuah komputer berlangsung. Berikut adalah organ utama
dalam CPU :
a.
Processor : Menjalankan program.
b.
Motherboard : Motherboard adalah rumah dari
perangkat dimana semua yang berhubungan untuk dapat masuk kedalam system harus
melalui motherboard.
c.
Video
Graphics Adapter ( VGA )
: Perantara untuk menterjemahkan keluaran dari processor untuk
ditampilkan ke monior.
d.
Power Supply
Unit ( PSU ) : Mensuplai tenaga
untuk semua komponen yang ada dalam computer. Serta untuk menstabilkan
voltase secara otomatis.
e.
Harddisk : Salah satu jenis memori penyimpanan
dalam computer.
f.
Memory (
kecepatan ) : Semakin besar
kapasitas memory semakin leluasa sebuah computer untuk mengeksekusi program.
Alat input dibagi ke dalam dua golongan
yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung memungkinkan
input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih
dahulu dimasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input langsung
terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device, scanner, voice
recognizer. Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung
diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine
readable form ( bentuk dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan
ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari: keytocard, keytotape,
keytodisk, dll.
a.
Keyboard : Penciptaan keyboard komputer
diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di
patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868.
b.
Mouse : dapat digerakan kemana saja
berdasarkan arah gerakan tangan kita.
c.
Scanner : suatu alat elektronik yang fungsinya
mirip dengan mesin foto kopi.
d.
Monitor : disebut juga layar computer,
berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat.
e.
Printer : digunakan untuk mencetak data
/ informasi pada kertas
f.
Speaker : berfungsi untuk mengeluarkan
informasi berupa suara
g.
Processor : sebagai pusat pengolah data
dan pengendali kerja perangkat lainnya.
h.
Mainboard : sebagai kerangka mesin
computer tempat processor dan komponen – komponen lainnya dipasang
i.
Diskette Drive : disebut floppy drive,
yaitu tempat memasukkan floppy disk (disket). Berfungsi membaca dan menulis
data pada disket.
j.
CD Drive : tempat memasukkan CD,
berfungsi membaca dan atau menulis data pada CD/VCD
k.
Harddisk : adalah tempat penyimpanan
data. Harddisk berada dalam casing (badan) komputer dan jarang di
pindah-pindahkan (disebut fixed disk)
l.
Memory (RAM) tempat penyimpanan data
sementara. RAM singkatan dari Random Accses Memory, yaitu memori yang bias
diakses secara acak oleh processor.
m.
VGA – Card : komponen yang berfungsi
menampilkan gambar / tampilan pada monitor. (Video Graphics Array)
n.
Sound Card : komponen yang berfungsi
mengolah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker
o.
LAN Card : komponen yang akan
menghubungkan computer dengan computer lainnya. Tidak selalu ada pada computer,
dan dipasang jika diperlukan saja.
p.
Modem : komponen yang diperlukan jika kita ingin koneksi internet, atau
untuk mengirim data melalui jaringan telepon.
q.
Stabilizer : menstabilkan arus listrik
sehingga arus yang masuk ke dalam power supply komputer tidak terlalu naik –
turun yang bisa menyebabkan kerusakan peralatan elektronik dan data.
r.
UPS : untuk mencegah komputer mati
ketika terjadi pemadaman arus listrik mendadak. Pada waktu listrik padam, UPS
otomatis menyediakan daya listrik untuk computer.
Output yang dihasilkan dari pemroses
dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan ( huruf, angka, symbol
khusus ), image ( dalam bentuk grafik atau gambar ), suara , dan bentuk lain
yang dapat dibaca oleh mesin ( machine-readable form ). Peralatan output dapat
berupa :
a.
Hard-copy
device yaitu alat
yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas
atau film.
b.
Soft-copy
device yaitu alat yang
digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa
sinyal elektronik. Contoh :>> Printer : Output device yang berfungsi
mencetak data ( Dokumen, Picture, web page, dll ) >> Monitor : Output
device yang berfungsi menampilkan data-data dari CPU. >> Projector : Sama
halnya monitor, projector berfungsi menampilkan data-data dari CPU, badanya
adalah ukuran keluaran projector jauh lebih besar dari monitor. >>
Speaker : Alat keluaran untuk device yang berupa suara.
Primary
storage
a.
Pita Magnetik (Magnetic Tapes)
b.
Floppy disk (diskette),
c.
Zip Drive
d.
Flash Disk
e.
Hard Disk
f.
Disk Optik (Optical Disk)
Komponen -
Komponen Perangkat Lunak Pada Komputer
Program Aplikasi (Software Application)
Program aplikasi
merupakan software yang siap digunakan oleh user untuk memudahkan pekerjaan
penggunanya. Program aplikasi
dapat dibedakan menjadi :
a.
Word Processing
Merupakan
program ppengolah kata yang dapat digunakan untuk menulis, menyunting naskah.
Contohnya adalah Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2010, Lotus Ami Pro, dan
lain-lain.
b.
Desktop Publishing
Merupakan
program yang dapat digunakan untuk mengatur tata letak suatu naskah sebelum
dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher dan Page Maker.
c.
Program Spreadsheet
Merupakan
program yang dapat digunakan untuk mengolah angka. Data numerik diolah secara
berkolom. Contoh dari program ini adalah Microsoft Excel, Lotus Improv, dan
lain-lain.
d.
Database Management System
Program
ini dugunakan untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan
informasi. Data yang diolah berupa database. Conytohnya adalah Paradox,
Microsoft Acces, My Sql, dan sebagainya.
e.
Graphics
Dengan
program ini kita dapat mengolah data berupa graphic seperti menggambar, meberi
warna, membuat animasi, mengedit foto, dan lain-lain.
Pengertian Hardware,
Software dan Brainware pada Manusia
Manusia =
Hardware+Software+brainware
1. Hardware manusia, seluruh anggota tubuh
yang diberikan Allah dengan sangat sempurna.
2. Software manusia, seluruh tindakan dan
pemikiran aplikasi dari otak manusia.
3. Brainware manusia, otak yang diberkahi
Allah dengan segala kelebihannya yang sangat luarbiasa.
Seluruhnya akan
terproses apabila terjadi yang namanya:
1. Learn: memasukan semua informasi apapun
itu.
2. Un learn: menghapus data informasi yang
tidak falid.
3. Re learn: meng-upgrade/ memperbaharui
selalu data yang ada, dengan cara apa? Tentunya dengan selalu banyak membaca, karena
dengan membaca kita akan lebih banyak mengetahui dan wawasan kitapun akan luas.
0 komentar:
Posting Komentar